UniqMag
ad

Batik di Kota Mangga Probolinggo Akan Segera Bermunculan

berita terkini
Gambar ilunstrasi
ad

PROBOLINGGO, (suarajatimpost.com) -  Seiring dengan trend batik dipulau Garam yang selama kurun waktu satu tahun ini berhasil menganggit semangat Pemerintah Kab. Probolinggo dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro akan mengadakan pagelaran lomba membatik khas ikon kota mangga tersebut.

Kecenderungan pola batik kota Mangga tersebut yang hanya mampu terserap di tingkat tiap kecamatan di lirik oleh sebagian pihak Dinas untuk bisa meraih marwah batik ke skala nasional.

”Ide itu murni dengan maksud untuk mengangkat batik ke skala nasional dengan memberikan logo dan ciri khas Kabupaten Probolinggo. Karena, selama ini batiknya cenderung ke masing-masing kecamatan," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo, Nanang Trijoko Suhartono di Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya dengan diadakan lomba tersebut ghiroh Masyarakat dalam membatik akan tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan kreativitas dan motif batik yang baru bermunculan.

"Kami ingin batik di Kabupaten Probolinggo mempunyai ciri khas yang arahnya kepada perlindungan bagi hak cipta para pembatik,'' katanya. ''Dengan adanya logo (ikon), kami bisa memberikan perlindungan hak cipta berupa hak paten.'' Imbuhnya.

Menurutnya,setelah batik Booming dirinya beserta pejabat daerah tidak hanya akan menjajakan batik  di level lokal, kalau bisa internasional. Tentu dengan memperhatikan kualitas dan mutunya. Jika sudah sesuai dengan kreteria.

"Kami tidak hanya menjajakan produk batik ini secara lokal saja dengan mutu dan kualitas yang bagus, tetapi bagaimana batik khas itu bisa sampai ke tingkat nasional dan internasional, sehingga akan membuka pasar lebih luas dengan memperbaiki kualitas dengan ciri khasnya," pungkasnya.

Ket Sumber; Republika.

Reporter : Imam Khairon
Editor :
ad
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Wabup Mojokerto Ingatkan Penuhi 8 Tuntutan Smart ASN

Komentar Anda