UniqMag
ad

Seorang Lansia di Bojonegoro Tingga di Gubuk Tak Layak Huni

berita terkini
Mbah Tandur saat berada di rumahnya.
ad

BOJONEGORO, (suarajatimpost.com) - Mbah Tandur yang merupakan warga RT 14/RW 03, Dukuh Gempol, Desa Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro hidup dalam keterbatasan. 

Mbah Tandur tinggal di rumah ukuran 2,5 M×6 M yang terbuat dari bambu, dan tinggal bersama ayamnya, dapur pun campur dengan ruang tamu. Bahkan kamar tidur jadi satu bersebelahan dengan tempat memasak tanpa pembatas. 

Dari pantauan suarajatimpost.com, gubuk mbah Tandur tanpa jendela dan berlantaikan tanah. Bahkan ketika hujan deras mbah Tandur bisa basah kuyup. 

Mbah Tandur lupa tanggal dan tahun kelahirannya. Di usianya yang sudah tidak muda lagi, mbah Tandur berjalannya sedikit bungkuk, ia mengatakan kalau dia tidak pernah dapat bantuan bedah rumah maupun pemberdayaan lansia. 

Mbah Tandur kalau diberi modal oleh pemerintah daerah mbah Tandur ingin ternak kambing. Dan mbah Tandur juga berharap bisa mendapat bedah bantuan bedah rumah, sebab dirinya sudah tidak mampu merenovasi gubuknya yang mulai bolong-bolong. 

"Masa, yang kaya dan dekat dengan perangkat pemerintah Desa saja rumahnya dibedah, saya tidak pernah dapat le," ujarnya penuh mengiba. 

Mbah Tandur mengaku pernah mendapat jamban sshat dan raskin. 

Setiap harinya, Mbah Tandur bekerja Ngangsak Gabah. 

Salah satu tetangga mbah Tandur mengatakan bahwa mbah Tandur sering tidak di rumahnya, karena harus menjalani aktifitasnya sebagai Ngasak Gabah di sawah.

"Kalau jam-jam begini mbah Tandur jarang di rumah mas," ujar Parji tetanga samping rumahnya.

Parji juga membenarkan jika mbah Tandur hanya mendapat raskin dan jamban sehat.

"Iya benar mas kasian dia, seingatku dia dapat dari pemerintah Daerah itu beras raskin dan jamban mas, tapi di Mayangrejo raskin dan jamban yang kaya-kaya kan juga dapat kan?," ujarnya.

Reporter : Mustakim
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Wabup Mojokerto Ingatkan Penuhi 8 Tuntutan Smart ASN

Komentar Anda