UniqMag
ad

Perlintasan KAI Tanpa Palang di Tulungagung, Kembali Makan Korban Jiwa

berita terkini
Kondisi korban pasca tertabrak
Berita 1

TULUNGAGUNG, (suarajatimpost.com) - Sabtu (13/4/2019) sekitar pukul 22.00, salah satu mahasiswa dari IAIN Tulungagung harus meregang nyawa. Usai motor yang dikendarainya bertabrakan dengan kereta api di perlintasan tanpa palang masuk Desa Plosokandang atau tepatnya di utara Ma'had (asrama) putri IAIN Tulungagung. 

Lukmanul Hakim (20) warga Kecamatan Tungkal Kabupaten Tunjab Barat Provinsi Jambi merupakan korban, saat kejadian mengendarai motor seorang diri. 

Dari data yany dihimpun, diduga korban, berjalan dari arah selatan menuju utara. Dan saat tiba di perlintasan KAI tanpa palang korban tidak mengetahui adanya kereta yang sedang lewat. Sehingga, membuat korban bertabrakan dengan kereta api sampai korban meninggal dunia ditempat. 

Sementara itu, pasca kejadian atas permintaan keluarganya korban di makamkan di Kabupaten Tulungagung. Prosesi pemakaman sendiri berlangsung, minggu (14/3) pagi di TPU Desa Plosokandang. 

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko meminta Kepada seluruh warga masyarakat agar selalu waspada bilaman melintasi perlintasan KAI, baik yang berpalang ataupun tidak. 

"Palang pintu itu, bahwa : pertama palang pintu perlintasan KA adalah alat bantu untuk mengamankan perjalanan KA. Kedua, sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2007 tentang perekereta apian seharusya perlintasan sebidang jalur KA dibuat tidak sebidang, bisa model fly over atau underpass," jelasnya. 

Sementara itu, terkait erley warning system (EWS) yang tidak berfungsi di beberapa perlintasan tanpa palang bukan berada dibawah kendalinya. 

"EWS atau semacam isyarat atau tanda yg menunjukan akan ada kereta api akan lewat yg dipasang di titik-titik perlintasan tak terjaga adalah tanggung jawab dinas perhubungan bukan kai," tukasnya.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Krisdiantoro
Berita 2
Berita Sebelumnya Begini Misteri Pulau Baru di Gili Raja Sumenep
Berita Selanjutnya Wabup Mojokerto Ingatkan Penuhi 8 Tuntutan Smart ASN

Komentar Anda