UniqMag
ad

Warga Ikuti Dawuh Kanjeng Sunan Prapen yang Cinta Tanah Air

berita terkini
Saat Haul Akbar Kanjeng Sunan Prapen berlangsung
ad

GRESIK, (suarajatimpost.com) - Panitia Haul Kanjeng Sunan Prapen Ke-414 (2019 M / 1440 H) Klangon Kebomas Gresik gelar Haul Akbar Kanjeng Sunan Prapen ke-414 yang bertempat di area Makam Sunan Prapen Gresik.

Menurut H.M. Munhamir selaku perwakilan Sarkub (Santri Kuburan) mengatakan, acara Haul mbah Kanjeng Sunan Prapen yang ke 414 adalah membuka semangat perjuangan.

“Hal ini dikarenanakan, di dalam acara Haul juga diulas tentang kepribadian Mbah Sunan Prapen yang begitu gigih, itu dalam curhatan umat yang ada di kemaslahatan untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat,” katanya saat diwawancarai awak media pasca acara.

Harapan kita semuanya, yang hadir pada hari ini, bisa mengetahui sosok Sunan Prapen yang diperankan oleh Mbah Kyai Muchtar Jamil, beliau yang memulai membangun area Mbah Sunan Giri mulai sampai dengan masjid sampai dengan penggantian cungkup atau ukir-ukiran hasil diplomasi dengan Palembang.

“Yang dimulai dengan bangunan kerjasama itu selalu ditekankan oleh Sunan Prapen, sehingga kita semuanya bisa melakukan perilaku seperti beliau, dan sikap beliau yang begitu bijaksana dan arif,” beber Pengurus MUI kecamatan Kebomas ini. Rabu, (19/6/2019).

Dikaitkan dengan keadaan sekarang, sosok Mbah Sunan Prapen memiliki sikap mengambil keputusan yang benar-benar bisa memberikan kemaslahatan. Misalnya, beliau (Sunan Prapen-red) mengajari tentang cara beragama dan bernegara yang benar.

“Tidak mudah terprovokasi informasi yang belum benar, jangan mudah menebar kebencian, jangan mudah mencaci pada sesama umat muslim dan bangsa,” lugas Kader NU ranting desa Klangonan ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana acara Abdul Aziz mengatakan, alhamdulillah acara haul ini terus tambah ramai, peserta acara dapat dilihat dari setiap konsumsi itu diberikan dari swadaya warga sekitar sini.

“Kalau haul tahun kemarin kurang lebih sekitar 2500 orang, sedangkan tahun ini yang hadir sekitar 3000 orang. Alhamdulillah, acara berlangsung meriah dan lancar,” ungkapnya.

Saat ditanya nasihat-nasihat Kanjeng Sunan Prapen yang selalu diingat dan dilakukan umat, ia mengatakan, gotong royong, saling tolong menolong, dan cinta tanah air. Biarpun ada gejolak-gejolak di luar, tempat ini tetap tenang insyallah, kita jaga kerukunan dan berbangsa. 

“Dengan hal ini, Panitia Haul Sunan Prapen dan Sarkub Community Sunan Prapen bermuhasabah, berdoa, dan bermunajat kepada Allah SWT, serta mendukung untuk Jawa Timur, Indonesia Damai. #JogoJawaTimur, #TolakKerusuhan, dan #UntukIndonesiaDamai,” tutupnya. 

Sebagai informasi, untuk puncak acara Haul kali ini, diindahkan dengan Mau’idlotul Hasanah / Pengajian Umum oleh K.H. Habib Taufiq Assegaf dari Pasuruan. Dan ditutup dengan doa bersama. 

Reporter : Arianto
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya STAIPANA Bangil Tolak Aksi Kerusuhan Sidang Putusan MK
Berita Selanjutnya Wabup Mojokerto Ingatkan Penuhi 8 Tuntutan Smart ASN

Komentar Anda