UniqMag
ad

Pendidikan Tingkat Usia Dini Sangat Strategis

berita terkini
Foto : Humas protokoler pemkab Lumajang
ad

LUMAJANG, (suarajatimpost.com) Pendidikan Usia Dini, sangat strategis dan penting bagi tumbuh kembang anak.

Hal itu, disampaikan Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Lumajang, Susianto, SH, saat membuka Sekolah Ramah Anak Yang Responsif Gender 2019, di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang, Kamis (20/6/2019).

Asisten menyampaikan, bahwa Anak pada Usia Dini kecenderungannya meniru cukup besar. Untuk itu, diperlukan dukungan dari keluarga maupun masyarakat. 

Karena, sebenarnya lembaga keluarga merupakan pusat pendidikan terdekat bagi anak. 

"Kecenderungan anak untuk meniru cukup besar, jangan sampai memberikan pendidikan yang salah. Mari kita berusaha memberikan yang terbaik buat anak-anak kita," ajaknya.

Ia meminta dukungan dari para kepala sekolah untuk membantu menciptakan Sekolah Ramah Anak yang responsif gender. Itu sebagai salah satu upaya menciptakan generasi penerus yang berkualitas.

Menurutnya, sekolah harus mampu menyediakan sarana dan prasarana yang tepat, agar anak-anak dapat belajar dengan baik. Hal yang harus diperhatikan adalah dari lingkungan, guru, kondisi murid, sanitasi atau ruangan yang sesuai, serta bebas dari bullying. 

"Kami berharap seluruh sekolah di Kabupaten Lumajang baik Negeri maupun Swasta harus berkomitmen menjadikan Sekolah yang Ramah Anak," imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Ka. Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Lumajang, Lubna Azizah, SH., melaporkan, bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar tercipta sekolah/ madrasah yang aman, bersih, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial bagi anak, termasuk yang memerlukan pendidikan khusus dan layanan khusus.

Narasumber pada kegiatan itu, dari Lembaga Pengkajian Kemasyarakatan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur, Sutiah, S.Pd.

Sedangkan,  Peserta berjumlah 200 orang, terdiri dari jajaran kepala sekolah SD dan MI, serta guru bimbingan konseling di Kabupaten Lumajang.

Reporter : Hermanto
Editor : Ananda Putri
ad
Berita Sebelumnya Pelayanan Yang Baik, Merupakan Tambahan Perbaikan Penghasilan
Berita Selanjutnya Wabup Mojokerto Ingatkan Penuhi 8 Tuntutan Smart ASN

Komentar Anda