UniqMag
ad

Pemkab Tulungagung Siapkan 1 Milyar Untuk Dana Haji Tahun Ini

berita terkini
Ilustrasi/net
ad

TULUNGAGUNG (Suarajatimpost.com) – Dengan meningkatnya jumlah Calon Jamaah Haji dari Kabupaten Tulungagung, pihak Pemkab turut menaikkan alokasi dana haji, tahun sebelumnya besaran anggaran untuk pelaksanaan haji yang disipkan oleh Pemkab sebesar 750 juta rupiah kini naik menjadi sekitar 1 milyar rupiah, atau naik sekitar 250 juta rupiah.

“Anggaranya 1 milyar, tahun kemarin jumlahnya sekitar 1100 lebih jamaah, sekarang 1400 itu barang kali masih bisa tambah,” ujar Suyadi, Kabag Kesra Pemkab Tulungaung. 

Pihak pemkab mengakui adanya tambahan alokasi dana haji, dibarengi dengan faktor menaiknya jumlah jamaah yang berangkat tahun ini melalui Kemanag Tulungagung. 

“Ada penambahan anggaran juga ada penambahan jamaah,” terangnya singkat.

Kegunaan dana tersebut, bakal dialokasikan untuk sewa bus dari Tulungagung ke asrama haji di Sukolilo, serta sewa bus saat pemulangannya dari Surabaya ke Tulungagung. 

“Itu digunaan untuk bus, dari tulungagung ke asrama haji, pulangnyajuga  gitu. Nnati juga dapat oleh-oleh batik khas tulungagung, semuanya jamaah dapat,” paparnya. 

Selain untuk dana operasional perjalanan selama di Indonesia, yaitu pulang pergi dari Surabaya, alokasi dana haji juga dapat digunakan untuk tasyakuran.

“Tasyakuran haji nanti saat sudah pulang, lalu juga untuk sewa tronton, jamaah tidak otong-otong sendiri barang bawaannya,” terangnya. 

Suyadi menegaskan, secara garis besar dana haji sebesar 1 milyar tersebut, digunakan untuk operasional jamaah haji selama di Indonesia. Saat berangkat menuju Surabaya, hingga sepulangnya dari tanah suci.

“Secara garis besarnya itu untuk patwal dan lain-lainnya. Pokoknya untuk operasional,” jelasnya.

Reporter : Latif Syaifudin
Editor : Mu'ezul Khoir
ad
Berita Sebelumnya Soal Sewa Hak Guna Bangunan, Pengelola Belga Mart Kembali Gugat Pemkab Tulungagung
Berita Selanjutnya Wabup Mojokerto Ingatkan Penuhi 8 Tuntutan Smart ASN

Komentar Anda