UniqMag
ad

Sekda Trenggalek : Keberadaan Pasar Desa Dapat menunjang Obyek Wisata

berita terkini
Sekda Trenggalek Joko Irianto saat memberikan pengarahan
ad

TRENGGALEK, (suarajatimpost.com) -Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Joko Irianto, saat menerima tim penilai lomba pasar, tingkat Provinsi Jawa Timur di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, mengatakan, keberadaan Pasar Desa dan pengembangannya diharapkan dapat menunjang obyek wisata.

Pasar Desa Tasikmadu sendiri, menjadi salah satu Pasar Desa yang masuk dalam nominasi lomba pasar tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019. Dalam sambutannya, Sekda Trenggalek mengatakan bahwa kawasan Prigi, masih menjadi andalan potensi wisata di Kabupaten Trenggalek.

"Di teluk ini ada beberapa destinasi wisata pantai, goa maupun wisata menarik lainnya, mulai dari Tebing Spikul yang kebetulan dalam waktu dekat akan ada event panjat tebing nasional, terus Goa Lowo, goa terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara, kurang lebih 2.200 meter panjangnya," sambungnya.

Selain itu, ditambahkan juga oleh Sekda Joko Irianto, di Watulimo memiliki banyak potensi wisata pantai mulai dari Bengkorok, Karanggongso, Pasir Putih, Prigi, Cengkrong, hingga Damas. Termasuk juga dengan beberapa Desa Wisata yang ada.

"Sayangnya akses menuju wisata andalan Kabupaten Trenggalek ini harus melewati Tulungagung dulu, sehingga banyak orang menganggap Kawasan Prigi ini masih masuk Wilayah Tulungagung,”

"Selain itu minimnya pusat oleh-oleh yang ada, membuat produk unggulan Trenggalek belum terjamah wisatawan, mungkin yang banyak dibeli untuk oleh-oleh masih ikan asap. Sedangkan pusat oleh-oleh untuk produk unggulan lain seperti alen-alen, keripik tempe dan lainnya berada jauh di Bendorejo dan jaraknya juga cukup jauh," imbuhnya.

Untuk itu, Sekda Joko Irianto berharap kondisi tersebut dapat terpecahkan dengan hadirnya Pasar Desa. Dimana wisatawan dapat mengakses produk unggulan Trenggalek lainnya melalu Pasar Desa.

Selain itu dengan adanya Pasar Desa juga diharapkan perekonomian masyarakat setempat dapat meningkat.

Reporter : Tatang
Editor : Mu'ezul Khoir
ad
Berita Sebelumnya Pemkab Tulungagung Siapkan 1 Milyar Untuk Dana Haji Tahun Ini
Berita Selanjutnya Wabup Mojokerto Ingatkan Penuhi 8 Tuntutan Smart ASN

Komentar Anda