UniqMag
ad

Uniknya Proses Pembuatan Minuman Tuak Khas Tuban

berita terkini
Agus saat menunjukkan batang wolo cikal bakal minuman tuak.
ad

TUBAN, (suarajatimpost.com) - Selama ini, Kabupaten Tuban sangat terkenal dengan minuman tuak yang mungkin dapat ditemui di sekitar pantai Tuban atau di dekat pohon ental (pohon siwalan). Di sini akan kita kupas sedikit tentang proses cara membuat minuman tuak yang asli dari pohon Ental.

Kepada suarajatimpost.com, Agus (45) warga Desa Dempel, Kabupaten Tuban adalah salah seorang pria yang bekerja sebagai pembuat tuak.

"Saya menggeluti pekerjaan sebagai pengambil air legen yang dijadikan tuak ini sudah hampir kurang lebih 7 tahun. Pada awalnya kita harus mendapatkan wolo (bakal minuman) yang usia pohon rata-rata harus diatas 20 tahun. Selepas itu batang wolo yang nantinya juga bisa menjadi buah siwalan harus kita pijit-pijit ke atas ke bawah rutin selama kurang lebih 3 hari," ujar Agus.

"Wolo yang sudah dipijit selama 3 hari, ujungnya diiris setipis uang logam dan direndam dengan air agar tidak jadi bakal buah siwalan, selepas itu barulah air yang menetes pada berikutnya bisa digunakan. Air tetesan itupun dapat jadi 2, yakni air legen (rasanya manis) dan air tuak (rasanya sepat pahit tergantung babakan atau ramuan di dalam bumbung bambu)," imbuhnya.

Reporter :
Editor : Ismi Fausiah
ad
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Wabup Mojokerto Ingatkan Penuhi 8 Tuntutan Smart ASN

Komentar Anda