UniqMag
ad

Bukalapak Gandeng OJK Gelar Seminar Investasi Reksadana

berita terkini
Gahayu Handari (Business Development Manager Bukalapak) menyampaikan informasi terkait Investasi Reksa Dana - Produk Investasi Aman, Mudah, dan Terjankau di di Hotel JW Marriot Surabaya.
ad

SURABAYA, (suarajatimpost.com)​ - Selain menabung, ada langkah bijak yang perlu di ambil untuk mendapat jaminan hidup yang lebih baik di masa depan, yakni dengan cara berinvestasi. Lalu Investasi sendiri juga banyak macamnya, salah satunya adalah investasi reksadana.

Agar masyarakat paham tentang model investasi yang satu ini, BUKALAPAK bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar seminar dengan tema "Reksa Dana – Produk Investasi Aman, Mudah dan Terjangkau” di hotel JW Marriot Surabaya, Kamis (13/07).

"Dengan adanya kegiatan seminar ini, kami berharap mampu memberikan informasi yang baik mengenai transaksi  reksadana dengan memanfaatkan teknologi digital dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, sehingga masyarakat aware akan kemudahan dan keamanan dalam berinvestasi di reksadana,” ujar Sujanto, Direktur pengelolahan investasi OJK di sela acara seminar.

Seminar yang dihadiri hampir 150 masyarakat Surabaya ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran untuk melakukan investasi reksadana secara aman.

"Sebenarnya banyak investor yang berminat untuk investasi reksadana namun belum memahami apa itu reksadana, seminar ini diselenggarakan untuk mengajak masyarakat agar bisa lebih tahu mengenai keamanan, kemudahan, dan terjangkaunya investasi di reksadana,” tambah Sujanto.

Dirinya juga menghimbau agar masyarakat memastikan bahwa produk reksadana tersebut telah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK.

Selain itu, masyarakat perlu mengetahui profil risiko dirinya dalam berinvestasi reksadana, karena perlu dipahami bahwa imbal hasil yang tinggi tentunya akan membawa risiko yang tinggi pula.

Ditempat yang sama, Gahayu handari selaku bussines development manager BUKALAPAK mengatakan soal rendahnya tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia pada tahun 2016 yang hanya ekitar 29.66%, sehingga menjadi rawan untuk dijadikan sasaran maraknya ajakan investasi ilegal. Untuk meningkatkan perlindungan konsumen serta kepercayaan masyarakat kepada industri keuangan, instansi-instansi perlu melakukan tindakan preventif, kuratif ataupun represif.

Karena itu pihaknya akan terus mendukung usaha OJK dalam rangka mendorong intensitas sosialisasi dan edukasi kepada publik serta mengembangkan metode penjualan produk khususnya reksadana.

Dukungan itu dibuktikan dengan peluncuran produk investasi secara aman dan benar melalui fitur reksadana online yang disebut BukaReksa.

"Fitur produk BukaReksa ini sudah dikenalkan sejak awal tahun ini dan kita sudah mencapai lebih dari 30 ribu pengguna hingga hampir 6 bulan setelah peluncuran produk ini,” tambah Gahayu.

Bersama OJK, pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong intensitas sosialisasi dan edukasi dalam rangka mengembangkan metode edukasi reksadana yang efektif dan benar.

"Semoga dengan adanya seminar ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat memahami investasi reksadana secara benar dan pada gilirannya akan memberikan manfaat maksimal bagi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Reporter :
Editor :
ad
Berita Sebelumnya Butuh Liburan Bareng Keluarga, Ayo ke Pantai Toraja Sumenep
Berita Selanjutnya Wabup Mojokerto Ingatkan Penuhi 8 Tuntutan Smart ASN

Komentar Anda